Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Jeruk bali, jeruk besar, atau pomelo merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Nama "pomelo" sekarang disarankan oleh Departemen Pertanian karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali.

Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit, terutama CVPD yang pernah menghancurkan pertanaman jeruk di Indonesia.

Jeruk ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, berikut ulasannya:

Zat aktif pembersih darah
Jeruk bali dipercaya mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan tingkat hematokrit, yaitu persentase sel darah per volume darah. Tingkat hematokrit normal pada wanita adalah 37-47 persen, sedangkan laki-laki 40-54 persen. Rendahnya hematokrit akan menyebabkan anemia, tetapi jika sangat tinggi dapat memicu penyakit jantung karena darah jadi mengental.


Kalium
Jeruk bali (gravefruit) merupakan sumber kalium, vitamin A (440 IU), bioflavonoid, dan likopen (350 ug/100g). Hasil penelitian, jeruk bali termasuk antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat.

Vitamin C
Seperti jeruk lain, jeruk bali adalah sumber vitamin C (350 mikrogram per 100 gram daging jeruk). Vitamin C sangat baik sebagai sumber antioksidan. Perokok dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk bali dua "siung" (helai dalam buah) setiap hari. Peningkatan kadar vitamin C di dalam darah mampu memperbaiki jaringan yang rusak, bahkan kanker, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara.

Menurunkan kadar kolesterol
Bagi Anda penderita kolesterol tinggi, bisa memanfaatkan jeruk bali sebagai alternatif pilihan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Setidaknya Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi daging jeruk bali minimal 200 gram setiap hari selama 1 bulan. Akan lebih baik lagi jika dalam mengkonsumsi jeruk bali Anda tambahkan jahe sebagai campuran sari jeruk bali atau bisa juga ditambahkan madu sebagai pemanis. Dengan melakukan kegiatan pengkonsumsian jeruk bali secara rutin diharapkan mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, karena jeruk bali memiliki zat antioksidan yang mencegah tumbuhnya penyakit dalam tubuh.

Keseimbangan elektrolit tubuh
Manfaat jeruk bali lainnya adalah sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dalam jeruk bali terdapat vitamin A dan zat kalium yang mampu menyeimbankan elektrolit dalam tubuh sekaligus berguna untuk zat anti kanker dan juga baik untuk kesehatan prostat.

Kesehatan kulit
Bagi para wanita bisa menggunakan jeruk bali sebagai alat perawatan kesehatan kulit mereka. Jeruk bali bisa diolah menjadi masker yang baik untuk kesehatan kulit, baik kulit perempuan maupun kulit laki-laki. Cara pembuatan masker jeruk bali adalah dengan menambahkan sari lemon dan telur putih pada sari jeruk bali. Kemudian aduk campuran tersebut hingga terbentuk busa, selanjutnya Anda bisa mengoleskan adonan tersebut kebagian kulit yang ingin Anda rawat. Tunggu hingga sekitar 20 menit kemudian, barulah bilas kulit Anda dengan air bersih. Dengan melakukan hal demikian, Anda sedang melakukan penundaan penuaan dini pada kulit Anda. Dalam hal ini, Anda bisa juga menggunakannya untuk merawat kulit wajah. Dalam pemakaiannya untuk wajah, campuran sari jeruk bali dan jeruk lemon serta putih telur bermanfaat untuk membersihkan noda pada wajah, sehingga wajah Anda lebihs segar dan bersih.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post