Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Inilah Hubungan Antara Tidur dan Berat Badan

Tidur dan Berat badan merupakan 2 hal yang sangat berkaitan di dalam tubuh kita. Berbagai penelitian terus menunjukkan bagaimana tidur yang baik bisa membantu menurunkan berat badan. Namun penelitian para ahli membuktikan sebaliknya. Dengan mengurangi berat badan, justru bisa membantu seseorang memperbaiki kualitas tidurnya lebih baik.

Para peneliti ini memantau perkembangan 77 orang dengan berat badan berlebih selama 6 bulan. Pada permulaan dan akhir penelitian para peserta diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gangguan tidur seperti, insomnia, mendengkur, kelelahan, kualitas tidur yang buruk, terbangun-bangun, bangun tak segar dan penggunaan obat tidur.  Para peneliti juga mencatat perubahan berat badan setiap orang.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menjalani program diet dan olah raga untuk menurunkan berat badan. Sementara kelompok kedua hanya menurunkan berat badan dengan menjaga diet makanan. Hasilnya, kedua kelompok ini bisa mengalami penurunan berat badan sekitar 6,8 kg dan bisa mengurangi lemak perut sekitar 15 persen. Pengurangan lemak perut dilihat melalui pemeriksaan MRI. Sementara dari laporan survei para peserta melaporkan perbaikan kualitas tidur sebanyak 20 persen.

BERIKUT FAKTA LAIN MENGENAI HUBUNGAN TIDUR DAN BERAT BADAN


1. Jam tidur yang teratur membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Ketika metabolisme tubuh menjadi baik sehingga sistem organ dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Ketika sistem organ bekerja dengan baik maka pertumbuhan tubuh pun dapat bekerja secara optimal, dan berat badan juga dapat dikontrol dengan lebih baik, dan pada akhirnya menciptakan berat badan yang ideal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jam tidur yang teratur dapat menyebabkan berat  badan yang ideal. 

2. Jam tidur yang tidak teratur tidak selalu membawa kepada berat badan yang tidak ideal. Berat badan ideal tidak menjamin disebabkan dengan jam tidur yang teratur. Melalui  penelitian ini hanya ada satu responden yang memiliki jam tidur tidak teratur sekaligus berat  badannya tidak ideal, dalam kasus ini berat badan responden adalah terlalu kurus. Berat  badan ideal dapat disebabkan juga dengan faktor lainnya yaitu makan makanan bergizi, olahraga teratur, genetik tertentu, dll. 

3. Responden yang memiliki berat badan terlalu gemuk tidak ada hubungannya dengan jam tidur yang teratur. Hal ini memberi kesimpulan bahwa walaupun orang tersebut sudah tidur teratur pun tetap saja ia tidak menurunkan berat badannya yang tadinya
overweight 
.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post