Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Obesitas Dapat Menyebabkan Timbulnya Resiko Kanker

Segala sesuatu yang berlebih memang tidak baik, begitu juga dengan berat badan. Kelebihan berat badan sering disebut akrab dengan berbagai macam penyakit. Setelah diabetes dan penyakit jantung, kini para ahli penelitian mengkaitkan kondisi obesitas ini dengan kanker.

Studi berskala besar di Inggris mempresentasikan hubungan antara kegemukan dengan kanker. Para peneliti itu mengikuti kesehatan 5 juta orang selama 7 tahun dan melacak apakah para subjek penelitian tersebut menderita salah satu dari 22 jenis kanker.

Hasil studi ini telah diumumkan dalam jurnal The Lancet dan menyimpulkan bahwa obesitas terkait dengan 10 dari 22 jenis kanker yang paling umum. Jenis kanker tersebut adalah serviks, usus besar,  ginjal, leukemia, liver, rahim, tiroid, kanker payudara, ovarium dan kandung kemih.

"Jumlah orang yang kegemukan atau obesitas bertambah dengan cepat, bukan hanya di Inggris tapi seluruh dunia. Dampak dari kondisi ini adalah penyakit diabetes dan jantung. Tetapi jika tren ini berlanjut, kita juga akan melihat peningkatan kasus kanker," kata Dr.Krishnan Bhaskaran sang ketua peneliti.

Kendati demikian, orang dengan indeks massa tubuh yang tinggi juga menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara pre-menopause. Oleh sebab itu, hubungan antara kanker dan obesitas hanya ditemukan pada beberapa jenis kanker saja tidak semua.

Bhaskaran mengatakan, tidak ada jawaban tunggal untuk menjelaskan  bagaimana kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker.

"Ada berbagai variasi efek obesitas pada kelompok orang yang berbeda dan tipe kankernya," katanya.

Salah satu penjelasan yang disampaikan adalah memiliki kelebihan lemak tubuh akan mengubah level hormon tertentu, terutama insulin dan hormon seks seperti estrogen. Kondisi tersebut diduga membuat tumor bisa tumbuh.

"Jaringan lemak juga mengeluarkan sinyal protein yang membuat divisi sel 'tumbuh' sehingga tumor baru tumbuh," katanya.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post