Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Candi Sambisari

Candi Sambisari Jogja
Alamat: Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Harga tiket masuk: Rp 3.000,-/orang

Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang berada di berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Jogja. Untuk mencapai candi ini tidaklah sulit, letaknya kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan dan dekat juga dengan Candi Kalasan. Secara astronomis, Candi ini terletak di 7° 45’48.13” LS dan 110° 26’46.43” BT.

Konon candi ini dibangun pada abad ke-9 pada saat pemerintahan raja Rakai Garung yaitu pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Menurut cerita Candi Sambisari secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang penduduk yang sedang mencangkul sawahnya  pada tahun 1966. Lalu penemuan itu dilaporkan kepada Balai Arkeologi Jogja  dan dipugar pada tahun 1986. Ketika ditemukan, candi-candi tersebut dalam keadaan runtuh kecuali pada bagian kaki candi.


Candi Sambisari  berada dibawah tanah sekitar 6.5 meter. Diduga kuat candi tersebut tertimbun lahar Gunung Merapi yang meletus besar pada awal abad ke-11. Kompleks Candi Sambisari ini terdiri dari satu bangunan candi induk dan tiga bangunan candi perwara/pendamping yang letaknya persis didepannya. Candi ini dikelilingi pagar yang berukuran 50 meter dan 48 meter. Candi ini merupakan candi Hindu beraliran Syiwa.

 Di komplek candi ini terdapat ruang informasi atau museum mini.  Tempat ini menyediakan berbagai informasi bagaimana proses  penemuan hingga pemugaran  yang berlangsung selama puluhan tahun hingga menjadi candi seperti sekarang ini.


Candi Sambisari ini tidak kalah eksotis dengan candi lainnya di Jogja. Meskipun bukan Candi andalan, namun candi ini dapat menjadi alternative wisata yang menyenangkan sekaligus dapat menambah ilmu. Untuk tiket masuk candi Sambisari, hanya membayar sebesar Rp. 3.000,-. per orang.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post