Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Gejala dan Pengobatan Flu

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Biasanya, influenza ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin, yang akan menimbulkan aerosol yang mengandung virus. Influenza juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja burung atau ingus, atau melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi. Aerosol yang terbawa oleh udara (airborne aerosols) diduga menimbulkan sebagian besar infeksi, walaupun jalur penularan mana yang paling berperan dalam penyakin ini belum jelas betul.

Faktor Penyebab dan Gejala


Pilek atau yang sering disebut dengan influenza adalah sebuah infeksi virus akut di saluran pernapasan. Terjadi secara epidemik maupun pandemik. Infeksi ini disebabkan oleh beberapa strain virus influenza, yaitu virus influenza A, B, dan C. Masa inkubasi virus ini berlangsung selama 3-10 hari. Hal ini ditandai dengan adanya inflamasi pada mukosa hidung, faring, dan konjungtiva. Kemudian, influenza disertai pula oleh sakit kepala, sakit pada otot, sakit tenggorokan, batuk, demam, menggigil dan lemas.

Pengobatan


Buang lendir yang ada di hidung
Lendir yang ada di hidung atau yang lebih dikenal dengan "ingus" sangat menggangu terlebih pada awal gejala flu, yang mana lendir masih cair dan sering keluar. Untuk mengurangi masalah tersebut, disarankan untuk membuang lendir tersebut sesering mungkin.

Minum air hangat dan jangan minum es


Karena flu menyerang saluran pernafasan dan tenggorokan, disarankan untuk meminum air putih hangat atau jeruk hangat selain dapat melegakan tenggorokan air jeruk juga mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Jangan sampai kekurangan cairan

Karena flu suhu tubuh meningkat dan kita sering dehidrasi atau kekurangan cairan, untuk itu usahakan banyak minum atau mengkonsumsi minuman yang dapat mengembalikan cairan tubuh.

Mengkonsumsi makanan pedas

Makanan pedas pasti menggunakan cabai atau lada, dan cabai atau lada tersebut banyak mengandung capsaicin, zat tersebut dapat membantu membersihkan rongga hidung dan zat ini merupakan salah satu zat anti kanker.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post