Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Goa Kiskendo

Goa Kiskendo Jogja
Desa Jatimulyo, Girimulya, Kulon Progo, Jogja
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,- / pengunjung. (2013)

Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo kecamatann Girimulyo, kabupaten Kulonprogo, kurang lebih 38 km dari kota Jogja dan 21 km dari kota Wates. Perjalanan waktu dari kota Jogja ke goa ini kurang lebih 2 jam. Goa Kiskendo merupakan goa alam yang menjadi salah satu pesona dari Pegunungan Menoreh dan dapat ditelusuri sejauh 600 meter dari mulut goa. Di objek wisata goa ini terdapat beberapa kios penjajak makanan, kamar mandi, dan ayunan untuk anak-anak.

Konon goa Kiskendo ini dilatarbelakangi oleh legenda pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali, yang secara lengkap dan detail digambarkan pada relief di samping mulut goa.



Goa Kiskendo ini sangat menarik karena banyak dijumpai stalaktit dan stalaknit yang berusia ribuan tahun. Di dalam goa terdapat dinding-dinding cekung yang dahulu kala digunakan untuk bertapa atau bersemedi, antara lain : Pertapaan Kusuma, Pertapaan Ledhek, dan Pertapaan Santri Tani.

Selain itu juga terdapat sungai, di sungai itu pengunjung dilarang mandi, namun pada saat air tidak pasang banyak juga warga sekitar yang mandi di sini. Airnya terasa sejuk dan menyegarkan. Setelah menyusuri jalan setapak yang berbatu, pengunjung mulai memasuki mulut goa yang cukup curam. Goa-goa kecil seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, Goa Tulangan, Goa Kempul dan Goa Kampret. Mengalirnya anak sungai yang membentuk cekungan di dalam goa menambah sejuk dan indah suasananya. Cekungan anak sungai ini dikenal dengan sebutan Kedung Jagan. 



Untuk para pengunjung tidak perlu kesulitan untuk mencari lokasinya, karena goa ini sudah dikelola sebagai objek wisata sehingga dilengkapi dengan denah untuk mempermudah anda mencapai lokasi.

Fasilitas Lain:
  • Taman Wisata Goa Kiskendo ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan anak-anak: jungkat jungkit, seluncuran dan memanjat.
  • Areal perkemahan (bumi perkemahan di bagian atas dan bawah)
  • Cocok juga sebagai sarana petualangan bagi para caver dapat menyelusuri yang panjangnya kurang lebih 600 meter dari mulut goa

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post